Cara Mengurus STNK Mobil Hilang

Advertisement

MOBILTERBARU.NET , Cara Mengurus STNK Mobil Hilang – Apakah STNK Mobil anda hilang karena lupa taruh atau dompet anda jatuh? Gak usah cemas dan khawatir akan lama dan susahnya proses pengurusan STNK agar kembali ke tangan karena  saat STNK kendaraan Anda hilang, proses pengadaan kembali tak rumit. Begini Tips Cara Mengurus STNK Kendaraan Yang Hilang.

Kecemasan memang ada pada saat STNK mobil kita hilang karena jatuh atau karena dompet di maling sehingga STNK dan surat surat berharga jadi hilang. Bayang bayang betapa rumitnya pengurusan serta biaya hingga jutaan pun ada di benak kita. Tapi semua fikiran itu hilang ketika kami mencoba dan sudah pernah mengurus sendiri bagaimana pengalaman tentang alur untuk mengurus STNK Hilang. Bahkan cukup dengan Rp 50.000 saja, STNK baru sudah di tangan.

Memang intinya semua adalah mengurus sendiri tanpa bantuan orang lain jika anda ingin menghemat biaya. Tapi ada syarat yang harus anda penuhi dan perhatikan yaitu mengikuti semua prosedur serta persyaratan pengurusan yang di minta dari pihak Samsat. Hal ini harus anda penuhi agar semua proses berjalan dengan lancar.

Untuk syarat-syarat data awal, siapkan KTP yang sesuai dengan STNK anda, asli dan fotokopi, lalu fotokopi STNK yang hilang (jika anda pernah mempunyai file fotocopy STNK), surat keterangan hilang STNK dari polsek atau polres setempat, serta BPKB asli dan fotokopi.

Sedikit tips, ada baiknya membuat copy surat-surat berharga Anda (SIM, KTP, STNK, BPKB) untuk arsip saat barang asli hilang. Untuk STNK, samsat sebenarnya sudah punya arsip untuk mencari kopian data tentang nomor kendaraan Anda. Namun, akan lebih mudah jika Anda sendiri yang memiliki copy surat tersebut.

Setelah mempunyai persyaratan data, ikuti langkah berikut:

1. Cek fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Mengurus cek blokir (mengurus surat keterangan STNK hilang dari samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Lampirkan semua persyaratan data dan surat keterangan hilang dari samsat.
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bila telah dibayar, maka bebas biaya pajak.
6. Membayar biaya pembuatan STNK baru.
7. Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Mudah sekali kan? Selamat mencoba. Demikian Tips mengenai Bagaimana Cara Mengurus STNK Mobil /Motor Yang Hilang beserta Biaya yang dikeluarkan. Semoga informasi ini bermanfaat buat anda semuanya.

Advertisement by Google

Cara Mengurus STNK Mobil Hilang | Putra Pedrosa | 4.5