Biaya Denda Pajak STNK Motor &Mobil

Advertisement

MOBILTERBARU.NET, Tips. , Perhitungan Biaya Denda Pajak STNK Motor & STNK Mobil. Mempunyai kendaraan bermotor terutama Mobil ataupun sepeda Motor memang sangat di perlukan. Tapi jangan saja memakai kendaraan tersebut, akan tetapi anda harus mengingat tepatnya kapan kita harus memperpanjang STNK per tahun, membayar pajak dan membayar dendanya. Jangan sampai kita malah tidak ingat akan denda yang dikenakan pada kendaraan bermotor anda. Di sini kami akan memberikan Cara Perhitungan Biaya Denda Pajak STNK Motor dan Mobil.

Baru baru ini memang Humas Polri memberikan sebuah informasi tentang permasalahan umum yang masih banyak belum di ketahui oleh masyarakat tentang Pajak dan Denda jika kita terlambat memperpanjang STNK tahunan. Akibatnya, dugaan korupsi, kecurangan ,dll di lontarkan dari ucapan masyarakat bahwasanya banyaknya praktek korupsi di kalangan Samsat. Akan tetapi dengan di adakannya sosialisasi mengenai Perhitungan Biaya Denda Pajak Perpanjangan STNK Motor dan STNK Mobil ini diharapkan semua masyarakat sadar bahwa tidak ada praktek kecurangan dari pihak samsat.

perpanjangan-stnk-mobil-dan motor

PErlu anda ketahui bahwa masing masing STNK mempunyai istilah istilah yang sama persis yang tercantum di STNK plus perhitungan pajaknya. Berikut ini istilah yang biasanya ada pada STNK Anda.

  1. BBN KB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas (second) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  2. PKB. Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.
  3. SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.
  4. BIAYA ADM (Biaya administrasi): Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM.
  5. Denda Pajak Kendaraan Bermotor : Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.

Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun
Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
Denda SWDKLLJ : besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

Cara Perhitungan Denda STNK Motor :
Pertanyaan :
Anda telat memperpanjang STNK Motor selama 6 Bulan. Berapa Denda yang harus di keluarkan? Sebagai Tambahan informasi bahwa Jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 dan SWDKLLJ Rp 35.000.

Jawab :
PKB x 25% x (Jumlah Keterlambatan/12) + Denda SWDKLLJ Motor/ Mobil
(Rp 232.000 x 25% x 6 Bulan /12 ) + (Rp 32.000) = Rp 61.000.
Denda Keterlambatan Motor Selama 6 Bulan adalah Rp. 61 Ribu.

Jadi Total Biaya Perpanjangan STNK Motor dan Denda selama 6 Bulan adalah Rp 232.000 (PKB) + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 61.000 (denda) = Rp 328.000.

Itulah perhitungan Biaya Denda Pajak Perpanjangan STNK Motor & dan STNK Mobil yang bisa anda hitung sendiri jika anda merasa kurang yakin dengan samsat. Mudahan informasi di atas bisa sangat bermanfaat buat anda semuanya. Hitungan di atas merupakan contoh saja dari STNK Motor Scoopy saya yang terlambat 6 Bulan.

Advertisement by Google

Biaya Denda Pajak STNK Motor &Mobil | Putra Pedrosa | 4.5